Link building adalah cara untuk mendapatkan backlink dari website lain menuju website anda.
Kalau anda ingin mendapatkan banyak pengunjung, maka anda harus menempati posisi teratas di hasil pencarian. Supaya bisa mendapatkan rangking yang baik maka anda butuh backlink.
Ini karena backlink merupakan salah satu faktor utama dalam SEO.
Tapi tidak semudah itu…
Saat ini Google (dan mesin pencari lain) menjadi sangat ketat dalam seleksi backlink.
Jadi tidak semua backlink bisa memberikan efek positif bagi website anda.
Backlink yang didapatkan secara sembarangan tidak akan memberikan manfaat positif, bahkan dalam jangka panjang bisa membahayakan.
Ingat 2 konsep ini:
Natural dan berkualitas.
Kedua faktor inilah yang akan menentukan efek dari pondasi backlink yang anda bangun. Untuk mendapatkan backlink seperti ini anda membutuhkan teknik khusus.
Teknik inilah yang akan anda pelajari sekarang.
Perubahan besar dalam link building
Saya paham, anda pasti ingin segera mempelajari teknik link building supaya bisa mendapatkan link sebanyak-banyaknya.…Tunggu dulu.
Anda harus baca konsepnya kalau tidak ingin traffic website anda seperti gambar berikut:
Website ini terkena penalty dari Google. Karena itulah jumlah pengunjungnya turun drastis.
Penyebabnya: backlink.
Backlink itu tidak hanya bisa berdampak positif, tapi juga negatif.
Sayangnya, teknik-teknik link building yang anda lihat melalui forum, social media, blog, bahkan yang digunakan jasa SEO justru kebanyakan yang dampaknya buruk.
Istilahnya black hat.
Mengapa begitu?
Karena dulu Google belum pintar dalam menilai kualitas backlink.
Akibatnya, orang-orang dulu mencari backlink sebanyak-banyaknya dengan cara yang sebetulnya dilarang. Sebelum tahun 2012, cara ini masih bisa digunakan.
Sekarang tidak demikian.
Google sekarang lebih pintar dalam menilai backlink. Artinya, kalau anda menggunakan teknik yang dilarang maka resiko terkena penalti SANGAT besar.
Itulah mengapa anda harus berhati-hati.
Karena artikel-artikel dari era 2012 ke
belakang masih tetap ada di internet, maka anda akan sering menemukan
teknik black hat diajarkan dimana-mana. Bahkan di kursus berbayar!
Makanya banyak pemula yang terjebak.Sebagai informasi, berikut yang dikategorikan sebagai black hat…
…jangan lakukan teknik link building ini:
- Private blog network
- Redirect 301
- Guest blog secara massal di website berkualitas rendah
- Submit artikel ke direktori & Press Release
- Web 2.0 yang hanya berisi 1-2 post
- Membeli backlink (menggunakan jasa backlink)
- Linkwheel, pyramid, dan tiered link
- Spam di forum
- Spam komentar blog
- Submit ke social bookmarking secara massal
Anda tidak perlu paham istilah-istilah di atas sekarang.
Intinya nanti ketika anda bertemu istilah tersebut, anda paham bahwa semuanya dikategorikan sebagai black hat.
Yang tidak percaya, ini kutipan dari Matt Cutts:
Apabila strategi utama dari link building anda adalah menulis komentar di banyak website sampai-sampai sebagian besar link yang anda punya hanya berupa komentar, dan tidak ada orang lain yang betul-betul memberikan link untuk anda, maka suatu saat ini bisa dikategorikan sebagai strategi yang licik.
Dalam tingkat tinggi kami berhak untuk mengambil tindakan terhadap tindakan manipulasi atau strategi link licik yang kami rasa mengacaukan rangking.
Lalu seperti apa yang benar?
Masih ingat konsepnya tadi? Link harus natural dan berkualitas.Natural artinya diberikan secara sukarela atau atas ijin dari pemilik website lain. Bukan hasil dari spam atau submit otomatis.
Berkualitas artinya berasal dari website yang aktif dan reputasinya baik.
Bayangkan seperti ini:
- Anda punya website & konten yang berkualitas
- Anda memberitahukan konten ini kepada orang lain
- Mereka merekomendasikan konten anda melalui websitenya
Dalam skema ini, pemilik website lain merekomendasikan artikel anda atas kemauan mereka karena mereka merasa konten anda layak direkomendasikan.
Itulah yang dilakukan oleh semua website besar di dunia.
Itulah yang akan mampu meningkatkan rangking website anda…
…dan itulah yang akan anda pelajari sekarang.
“Kalau natural, berarti susah dong?”
Memang benar…kalau dibandingkan dengan black hat. Makanya, dengan teknik yang benar kita tidak bisa mendapatkan banyak backlink sekaligus.Tapi coba anda pikirkan baik-baik. Pilih mana:
- Sedikit backlink, rangking naik dengan cepat, tanpa resiko
- Banyak backlink, rangking naik perlahan, resiko tinggi
Sebagai orang yang ingin membangun bisnis yang serius untuk jangka panjang, pilihan nomor 1 pasti jauh lebih menarik.
Lagipula kita hanya butuh sedikit backlink.
Untuk persaingan mudah sampai menengah, biasanya hanya butuh SATU backlink dengan metode di bawah untuk bisa mencapai halaman pertama.
Satu backlink untuk masuk halaman satu!
Tidak percaya?
Artikel yang sedang anda baca saat ini sekarang menempati peringkat 1-3 untuk beberapa kata kunci utama seperti “cara mendapatkan backlink”, dengan persaingan yang sangat sulit.
Padahal backlinknya hanya 1 (berdasarkan Moz).
Satu lagi:
Dengan menggunakan teknik yang akan saya ajarkan berikut ini, artikel tersebut bisa mendapatkan peringkat 5 hanya dari 3 backlink. Padahal persaingannya sangat tinggi.
14 Strategi mendapatkan backlink berkualitas
Silahkan contek cara yang saya lakukan untuk mendapatkan hasil serupa seperti screenshot di atas.Seperti yang sudah dijelaskan tadi:
Mendapatkan backlink seperti ini sedikit lebih sulit, tapi anda tidak butuh banyak dan website anda akan 100% aman dari resiko penalti.
Ingat, strategi di bawah ini tidak langsung seketika menghasilkan backlink, tidak seperti menulis komentar blog atau spam forum.
Ada persiapan-persiapan yang harus anda lakukan sebelumnya.
Tetapi manfaatnya sangat besar ketika berhasil dilakukan.
1. Sediakan konten yang berkualitas sebagai pondasi
Semua praktisi SEO pasti sepakat, mustahil bisa mendapatkan backlink berkualitas tanpa memiliki konten yang berkualitas.Balik lagi ke konsepnya:
Backlink itu rekomendasi.
Logikanya, tidak akan ada orang yang mau merekomendasikan konten yang tidak bagus. Ya iyalah, ngapain juga share konten yang jelek. Ya kan?
Tidak hanya itu…
Google bisa menilai apakah konten anda berkualitas atau tidak.
Ya, meskipun Google cuma mesin.
Menilai kualitas konten itu mudah. Misalnya, salah satu ciri-ciri konten yang tidak berkualitas: tidak dibaca lama-lama oleh pengunjung.
Lihat saja sendiri di Google, mustahil ada artikel yang tidak berkualitas di halaman 1 (kecuali kalau memang semuanya tidak berkualitas)
Itu sebabnya konten merupakan pondasi dari link building.
Intinya begini:
- Konten berkualitas bisa masuk halaman 1 dengan sedikit backlink
- Konten tidak berkualitas, mustahil, meskipun backlinknya banyak
13 teknik link building di bawah ini juga butuh konten berkualitas. Maka anda harus punya, minimal 1.
Ah, dari tadi kualitas-kualitas mulu…
…memangnya apa sih maksudnya konten berkualitas?
Secara singkat, ciri-cirinya seperti ini:
- Isinya jauh lebih baik daripada konten lain yang sejenis
- Topiknya diminati oleh kalangan tertentu yang antusias
- Menyelesaikan tuntas masalah yang dihadapi banyak orang
- Disajikan dengan menarik sehingga mudah dinikmati
- Membuat konten yang mampu mendapatkan backlink secara natural
- Metode “KTP” untuk menciptakan konten yang berkualitas tinggi
- Teknik penulisan artikel SEO
Sekarang, luangkan 3-7 hari untuk membuat 1 konten berkualitas.
Serius! Lanjutkan ke bawah kalau anda merasa sudah punya minimal 1.
2. “Minta” kepada pemilik website lain
Konyol kan?“Mana ada orang yang mau ngasih backlink??”
Tentunya kita tidak akan langsung minta begitu saja.
Pertama, anda harus pahami bahwa backlink sukarela dari website lain yang aktif merupakan jenis backlink terbaik. 1 backlink saja, peringkat langsung meroket.
Tapi mereka tidak akan memberikan backlink kepada anda…
…kalau kontennya tidak berkualitas.
Jadi, kunci pertama adalah kualitas konten.
Sekarang…coba pilih salah satu konten yang sudah pernah anda buat. Pikirkan, “Apakah ada orang yang kira-kira mau merekomendasikan konten ini?”
“Apakah kalau anda bertemu konten seperti ini di Facebook atau Twitter, apakah anda akan membacanya?”
Itu yang pertama.
Yang kedua…
…ada 2 alasan seorang pemilik website merekomendasikan artikel:
- Isinya luar biasa (sudah kita bahas tadi)
- Mereka tahu siapa anda
Ini sudah terbukti secara ilmiah. Kalau orang yang butuh bantuan itu adalah orang yang kita kenal, kita akan cenderung lebih rela untuk membantu.
Maka dari itulah kita harus mulai menjalin hubungan baik.
Tahapannya seperti berikut:
- Temukan beberapa pemilik website dalam topik yang sama/mirip dengan anda. Idealnya website target kita sudah lebih populer dan dikelola secara aktif
- Temukan kontak dan akun jejaring sosialnya
- Berikan komentar bermutu setiap kali ada artikel baru, tweet dan share artikel mereka, coba mulai percakapan melalui social media, pasang link ke konten mereka
- Ajak ngobrol, mulai bangun hubungan baik dengan mereka
Ingat, kita akan menjalin hubungan dengan orang yang sudah lebih sukses.
Kemungkinan besar mereka akan mengabaikan anda yang bukan siapa-siapa. Kecuali kalau kita sudah berbuat baik dulu kepada mereka.
Betul kan?
Kalau anda ingin mendapatkan teman, maka kedua pihak harus sama-sama diuntungkan. Bukan hanya anda yang merepotkan mereka.
Menjalin hubungan dengan orang sukses merupakan cara tercepat untuk sukses. Dan cara tercepat untuk menjalin hubungan dengan orang lain adalah dengan membantu mereka duluan.Teknik ini sederhana, tapi manfaatnya untuk jangka panjang luar biasa.
3. Broken link building
Ini teknik tingkat lanjut dari nomor 2.Intinya sama, kita meminta orang lain untuk memberikan link.
Tapi berkat satu trik tambahan, peluang keberhasilannya jadi meningkat drastis.
Sebelum lanjut, pengertiannya dulu:
Broken link artinya link dari suatu halaman website ke website lain yang sudah mati. Ketika di-klik, halamannya sudah tidak ada.
Karena domainnya kadaluarsa, salah tulis, artikelnya dihapus, atau alasan lain.
Nah, dalam broken link building, kita akan mencari broken link dari website lain. Kemudian kita akan membantu mereka memperbaiki broken link tersebut dengan memberikan website kita sebagai alternatifnya.
Seperti contoh berikut:
+1 backlink!
Contoh lain:
Website A punya artikel “cara menurunkan berat badan“.
Di artikel tersebut ada sebuah link menuju artikel situs lain tentang “pola diet sehat“. Sayangnya link tersebut tidak bisa diakses karena broken link.
Ini bisa kita manfaatkan…
Buat 1 artikel yang topiknya sama dengan artikel di broken link tadi. Pastikan artikel anda lebih bagus daripada artikel aslinya.
Untuk memeriksa isi broken link tadi, gunakan Wayback Machine.
Kemudian hubungi pemilik website tadi, beritahukan bahwa ada broken link di halaman tersebut dan tawarkan konten anda sebagai gantinya.
Karena kita berniat baik, maka peluang keberhasilannya tinggi.
Di halaman bonus berikut anda akan mempelajari 2 hal terkait broken link building:
- Cara mudah untuk mencari website yang punya broken link
- Contoh email untuk menghubungi pemilik website
Bonus Spesial: Klik disini
untuk belajar cara mencari broken link dan mendapatkan template email
yang digunakan, ditambah 6 teknik link building tingkat lanjut.
4. Resource link building
Ketika jalan-jalan di internet, anda pasti pernah melihat artikel yang modelnya seperti ini:“5 fashion blog terbaik di Indonesia”, “7 travel blogger Indonesia”, “10 permainan outbound di Bogor”, dan sejenisnya.
Kemungkinan besar sudah ada banyak blogger yang menulis artikel serupa dalam topik yang sama dengan website atau bisnis anda.
Artikel-artikel ini sudah menampung banyak link menuju website lain, 1 penambahan link lagi mestinya bukan masalah.
Justru mereka akan berterima kasih karena anda menambahkan koleksi mereka.
Lakukan ini untuk mendapatkan backlink:
Hubungi pemilik website tersebut jika kategori website anda cocok dengan artikelnya.
Informasikan bahwa anda punya blog yang sejenis, kemudian minta mereka untuk melihat, memeriksa, dan menambahkan website anda ke daftar.
Berikan penjelasan singkat kalau memang diperlukan untuk mempermudah pekerjaan mereka.
Lebih lanjut mengenai resource link building ada di panduan 14 teknik SEO ini.
5. Intip backlink dan strategi milik kompetitor
Merupakan teknik favorit banyak praktisi SEO.Anda bisa melihat backlink milik kompetitor anda dengan menggunakan layanan Open Site Explorer, Ahrefs, Majestic SEO, OpenLinkProfiler, atau SEO Spy Glass.
Dari tool di atas, anda akan mendapatkan daftar backlink yang dimiliki oleh sebuah website.
Biasanya ada beberapa backlink yang bisa anda tiru.
Misalkan dari hasil yang ditampilkan ada yang berasal dari blog, website, atau forum tertentu, maka anda juga bisa ikut berpartisipasi atau mencoba mendapatkan link di website yang sama.
Teknik ini memiliki potensi yang sangat besar.
Anda yang sebelumnya “buta” sekarang bisa tahu mengapa website-website lain bisa sukses.
Tapi hati-hati dengan link jenis spam, hindari website yang kualitasnya rendah apabila anda tidak ingin mendapatkan resiko.
6. Website direktori yang bersih dari spam
Hati-hati, website berbentuk direktori bisa berakibat negatif.Ada website direktori sebaiknya anda hindari.
Ciri-cirinya:
Direktori yang jelek topiknya terlalu beragam, tanpa seleksi penerimaan, tidak ada aktivitas pengunjung, dan sebagian besar website yang terdaftar disana juga tidak jelas kualitasnya.
Dilihat sekilas saja kita bisa tahu direktori yang jelek.
Sebaliknya, direktori yang bagus adalah direktori yang dimoderasi dengan ketat supaya website yang terdaftar disana juga berkualitas dan memiliki topik-topik yang tepat.
Kalau anda menemukan direktori seperti ini, daftarkan website anda.
Biasanya direktori yang bagus adalah direktori bisnis. Anda yang punya website bisnis, inilah cara termudah untuk mendapatkan backlink yang lumayan kualitasnya.
Sekali lagi, ingat:
Jangan submit ke website direktori yang reputasinya tidak jelas.
7. Guest blogging untuk mendapatkan traffic
Ini cara terbaik dan termudah untuk mendapatkan traffic ke website baru dan untuk meningkatkan rangking di Google.Makanya setiap kali ada yang tanya tentang backlink/traffic, saya selalu rekomendasikan guest blogging.
Alasannya:
Saat masih baru, tidak ada satu orang pun orang yang tahu keberadaan website anda. Meskipun anda buat 100 artikel di website sendiri, tetap saja sepi.
Ada 1 aturan sukses dalam marketing: masuk ke tempat yang ramai.
Dengan kata lain, website yang sudah banyak pengunjungnya.
Setelah melakukan guest blogging, maka pengunjung dari website tersebut akan mengenal website anda. Mereka akan jadi pengunjung di website anda.
Lihat sendiri hasilnya:
Yang diwarnai kuning adalah hasil dari 1x guest blogging.
1 post, 600 pengunjung, dalam 1 hari!
Bukan cuma itu:
Dari guest blogging, kita mendapatkan backlink yang berkualitas. Sehingga peringkat website kita bakal langsung naik.
Dan enaknya, teknik ini sama-sama menguntungkan kedua pihak. Maka dari itulah banyak blogger yang menerima guest post, asalkan artikelnya berkualitas.
Tapi hati-hati:
Tidak semua guest post berdampak positif.
Di akhir tahun 2014 Google menyatakan link guest post dari sembarang blog bisa menyebabkan penalti.
Terutama apabila berasal dari website-website yang dibuat hanya untuk menampung guest post. Atau website yang menjual guest post
Guest post seperti inilah yang dilarang:
Mereka menjual layanan guest post.
Karena Google melarang penggunaan link berbayar seperti ini, maka anda akan berpotensi terkena penalti.
Jangan percaya meskipun mereka bilang high quality.
Sebaliknya:
Kalau memang blognya memiliki reputasi baik dan anda mendapat guest post dengan ijin dari pemilik blog tanpa imbalan, tidak masalah.
Bukan hanya link, anda akan mendapat aliran pengunjung.
Untuk mencari website yang menerima blogger tamu dengan topik tertentu, gunakan keyword ini untuk melakukan pencarian di Google (tanpa tanda petik):
- “Topik” guest post
- blogger tamu “Topik”
- “Topik” guest blog
- postingan tamu “Topik”
- “Topik” write for us
Setelah ketemu, hubungi pemilik blog melalui email.
Ada juga yang tidak mencantumkan bahwa mereka menerima guest blog, tidak ada salahnya langsung menghubungi pemilik website meskipun mereka tidak menyatakan apapun tentang guest blogger.
Untuk memulai, kumpulkan 5-10 website dengan topik yang mirip dengan anda kemudian tanyakan satu per satu.
Ciri-ciri website yang bagus untuk guest blog
- Sudah cukup berumur, lebih dari 1 tahun
- Topiknya relevan dengan website anda
- Trafficnya cukup tinggi, bisa diperiksa di Alexa atau SimilarWeb
- Pembacanya antusias, bisa dilihat dari komentar atau akun social-nya
- Desainnya tidak berantakan dan kontennya berbobot
8. Pancing perasaan dengan konten ego bait
Saya kebingungan untuk menerjemahkan istilah ego bait ke dalam Bahasa Indonesia karena tidak ada istilah yang pas.Teknik ini memanfaatkan sifat manusia.
Caranya dengan membahas mengenai seseorang/usaha/organisasi dalam konten yang kita buat.
Harapannya mereka akan menyadari ‘umpan’ dari anda, merasa senang/bangga, kemudian mempromosikan konten anda di websitenya dalam bentuk link maupun mention di social media.
Ada beberapa contoh penerapan ego bait:
- Membuat konten berbentuk daftar kumpulan website, misalnya “20 blog kesehatan terbaik di Indonesia”
- Membuat konten daftar artikel terbaik dalam suatu topik
- Membahas spesifik mengenai kesuksesan/kisah orang tertentu dalam satu artikel
Contoh lainnya,
Dulu saya membuat “kuis SEO” dimana pengunjung website ini bisa menguji pemahaman mereka terhadap ilmu SEO. Mereka yang lulus tes akan mendapatkan badge seperti ini:
Ketika mereka memasang badge tersebut di website bersama link yang diberikan, maka saya mendapatkan backlink.
Pastikan konten anda positif, berkualitas, dan/atau bermanfaat bagi orang lain. Dengan memenuhi kriteria ini maka anda bisa membuat egobait yang efektif.
Kalau anda ingin membuat artikel atau konten yang mengandung ego bait, manfaatkan 6 elemen pemicu popularitas ini.
9. Pancing perhatian dengan konten link bait
Istilahnya mirip dengan ego bait, tapi pengertiannya berbeda.Seperti penjelasan di atas, dengan ego bait berarti kita memancing perasaan (senang/bangga) dari orang lain.
Link bait agak berbeda:
Link bait artinya kita membuat konten dalam bentuk apapun yang mampu mengundang perhatian banyak orang sekaligus sehingga potensi mendapat backlink jadi tinggi.
Ada beberapa bentuk penerapan link bait:
- Artikel kontroversial yang jadi pembicaraan banyak orang
- Konten interaktif yang bermanfaat atau bisa membuat orang terhibur, misalnya kalkulator, game, atau kuis
- Artikel yang merupakan penjelasan atau opini dari sebuah berita yang sedang populer
- Kontes
- Panduan yang sangat lengkap sehingga orang-orang akan ingat dengan panduan tersebut setiap kali topiknya dibahas
- Sajian data hasil analisa atau penelitian
Halaman tersebut berisi panduan-panduan online marketing dalam berbagai bidang, dan penyajiannya berbeda dari semua konten lain dalam topik yang sama.
Hasilnya, sampai sekarang halaman tersebut merupakan halaman yang paling banyak mendapatkan backlink di situs ini.
10. Manfaatkan content sharing platform
Social bookmark merupakan salah satu content sharing platform yang sering diincar oleh pemilik website baru. Tapi masih ada jenis content sharing platform yang lainnya seperti:- SlideShare – konten presentasi
- YouTube & Vimeo – video
- Medium – artikel
- Kompasiana – artikel, Indonesia
- Lintas.me, VIVAlog – social bookmark, Indonesia
- Reddit – social bookmark
…mereka sudah punya basis audiens sendiri, kita bisa “menumpang” untuk langsung mendapatkan traffic.
Sama sekali tidak rugi.
Meskipun mungkin tidak memberi manfaat SEO secara langsung tetapi merupakan media yang sangat efektif untuk mempromosikan konten. Selain berupa link, anda akan mendapat pengunjung.
Hati-hati, memanfaatkan teknik ini bisa berdampak baik atau buruk.
…tergantung respon orang lain.
Kalau konten anda disana mendapat respon baik dari penggunanya misalkan berupa komentar, like, atau sharing, barulah link anda tergolong backlink yang berkualitas.
Sedangkan kalau sebaliknya, bahkan mungkin bisa tidak ter-index.
Maka dari itu jangan melakukan spam.
Posting spam di situs-situs tersebut biasanya langsung tenggelam karena tidak akan ada orang yang tertarik.
Lebih baik mengirim 1 konten berkualitas daripada 1000 konten spam.
11. Buat konten yang berpotensi viral
Kalau anda adalah orang yang kreatif dalam membuat gambar, video, atau musik, coba buat yang berpotensi menjadi viral.Konten yang populer akan mendapat ledakan pengunjung, jumlah share ke social media meningkat drastis, dan tentunya anda akan mendapatkan backlink.
Seringkali 1 konten viral sudah cukup untuk membuat sebuah website jadi populer.
Infografis merupakan salah satu bentuk konten yang lebih mudah menjadi viral dibandingkan artikel biasa.
Pastikan website anda social media-friendly dengan cara menggunakan gambar/foto yang menarik, memasang tombol sharing, serta menggunakan meta Open Graph dan Twitter cards.
Anda bisa memanfaatkan 6 elemen pemicu popularitas ini untuk membuat konten viral.
12. Lakukan forum marketing, bukan forum spamming
Bagi seorang pemilik website yang terobsesi dalam mencari backlink, forum biasanya dijadikan tempat spam.Itu cara yang salah.
Forum pada dasarnya merupakan wadahnya orang-orang yang ingin belajar.
Kalau salah satu konten anda bisa membantu proses belajar mereka, manfaatkan kesempatan ini untuk mempromosikan website.
Selain mendapatkan backlink dan pengunjung, reputasi website anda juga akan terbangun.
Awas: ini forum marketing, bukan forum spamming.
Jadi jangan promosikan website anda langsung.
Lakukan ini:
- Temukan forum yang sesuai dengan topik utama anda
- Buat akun yang serius, lengkapi data termasuk foto/avatar
- Jawab setiap pertanyaan dari anggota forum dengan jawaban yang lengkap, buat mereka tidak perlu membaca jawaban dari orang lain
- Ulangi selama beberapa hari sampai anggota forum kenal dengan anda
- Setelah ini barulah anda bisa mulai sekali-sekali menaruh link website
Karena memang forum merupakan tempat promosi yang paling mudah.
Meskipun demikian, jangan sampai situs anda mendapatkan cap buruk dari situs komunitas karena dampaknya akan terasa secara permanen.
Bonus Spesial: Klik disini untuk mendapatkan 7 teknik link building tingkat lanjut yang tidak dibahas dalam panduan ini. Gratis.
13. Dapatkan link dari brand mention
Ini teknik paling efektif untuk mendapatkan backlink dari banyak website kalau anda sudah punya “nama”.Caranya mudah:
Misalnya anda punya brand atau website bernama “BukaBaju”.
Kemungkinan besar nama website anda ini sudah dikenal oleh beberapa orang, dan ada beberapa website yang menyebutkan nama tersebut. Ini kita sebut brand mention.
Tapi bukan link aktif. (tidak bisa di-klik)
Dengan kata lain, hanya berupa teks.
Kita bisa menghubungi mereka untuk mengubah teks tersebut menjadi link aktif, atau backlink.
Kemungkinan berhasilnya sangat tinggi…mereka yang sudah sukarela membahas tentang anda di konten tentunya tidak akan keberatan untuk mengubah jadi link.
Lalu, bagaimana cara menemukan brand mention ini?
Ada beberapa alat bantu:
- Fresh Web Explorer
- Google Alerts
- TalkWalker Alerts
- Mention (gratis 250 mention per bulan)
Saya akan contohkan caranya dengan menggunakan Mention.
Pertama-tama, tentunya buat akun seperti biasa.
Lalu setelah login, klik tombol “Create New Alert” di sebelah kiri.
(Tampilan website-nya mungkin akan sedikit berbeda)
Pilih salah satu yang ingin anda monitor, karena saya ingin memonitor PanduanIM maka saya memilih “your company”. Kalau anda ingin memonitor nama anda sendiri, pilih “you”…demikian pula untuk yang lainnya.
Masukkan nama website anda, klik “advanced settings”.
Masukkan versi lain dari nama website anda, misalnya “Panduan IM” (ada spasi-nya). Kalau tidak ada, klik next.
Selanjutnya pilih sources dan bahasa. Jangan lupa cek Indonesian/Malay untuk website berbahasa Indonesia.
Kalau anda mendapatkan banyak Tweet untuk akun anda, sebaiknya source dari Twitter dinon-aktifkan. Ini karena versi gratis dari Mention hanya memberikan 250 mention per bulan.
Kemudian anda juga bisa menghubungkan akun FB dan Twitter supaya mention ke akun-akun tersebut diikutsertakan.
Klik finish…selesai.
Selanjutnya anda akan mendapatkan email setiap kali ada mention untuk nama/brand anda.
Apabila ada mention tanpa link, hubungi pemilik websitenya dan minta dengan sopan untuk mengubah teks tersebut menjadi link aktif.
14. Menggunakan jasa SEO, tapi..
Lho, bukannya tadi saya bilang supaya tidak membeli link dan tidak menggunakan jasa backlink?Memang kebanyakan yang mengaku sebagai “jasa SEO” hanya menjual backlink.
Parahnya backlink ini kualitasnya buruk dan didapatkan dengan spam.
Ini faktanya:
Semua penjual backlink sadar bahwa link mereka berpotensi membawa resiko penalty. Tapi mereka tidak akan memberitahu resikonya pada anda karena akan menurunkan penjualan mereka.
Jadi hati-hati dengan jasa backlink yang memberikan banyak backlink sekaligus secara tidak natural.
Tapi ada juga jasa SEO yang serius…
Jasa SEO ini biasanya tidak menjual puluhan, ratusan, atau ribuan backlink melainkan optimasi menyeluruh mulai dari marketing dan publikasi secara online, pembuatan konten, serta optimasi struktur halaman.
Dengan kata lain, jangan mencari jasa SEO tapi jasa inbound marketing atau content marketing.
Mereka tidak memberikan anda backlink, tapi membuat website anda siap menerima backlink. Bahkan lebih dari itu (karena termasuk pemasaran).
Tips: kalau website anda
murni berupa blog, jasa SEO atau Inbound Marketing tidak terlalu
dibutuhkan. Yang memerlukan jasa seperti ini biasanya ecommerce, web
penjualan produk/layanan, startup, SaaS, aplikasi berbasis web, dsb.
Memastikan kualitas backlink
Sekarang anda sudah paham dasar-dasar memasang dan mendapatkan backlink.Tapi masih ada banyak lagi teknik turunan yang tidak disebutkan secara spesifik.
Kalau anda menemukan metode lain yang tidak tertulis, yang harus anda lakukan pertama-tama adalah memastikan kualitasnya.
Inilah indikator kualitas backlink:
- Relevansi dengan topik website anda
- Reputasi dari website tempat backlink dipasang
- Sifat pengunjung di website tersebut, apakah aktif atau pasif
- Website tersebut terkena penalti atau tidak dan apakah ada potensi terkena penalti
- Kesamaan bahasa yang digunakan
- Pemilik website mengajak bertukar link langsung
- Harus membayar
- Ada konten yang kategorinya dilarang (misalnya pornografi)
- Link langsung muncul secara otomatis tanpa seleksi (untuk direktori)
- Bangun link ke artikel/konten, bukan homepage
- Gunakan anchor yang beragam mulai dari nama website, keyword, frase umum (“klik disini”, “website ini”, dsb), dan tanpa anchor
- Gunakan konten yang berkualitas untuk guest blog dan content sharing platform
- Diversifikasi-kan jenis website, jangan fokus dalam 1 website atau di 1 jenis website
Post a Comment
Post a Comment